11 STRATEGI SMK
GEMILANG KARYA

1. REFOCUSSING CORE SMK

Refocussing core merupakan salah satu strategi SMK Gemilang Karya yang bertujuan untuk membentuk SMK yang fokus dan konsisten terhadap bidang keahlian yang diajarkan. Saat ini SMK Negeri 2 Dompu berfokus pada bidang keahlian teknologi rekayasa serta energi dan pertambangan. Adapun kompetensi keahlian yang mengalami refocussing adalah:

KK Desain Grafika di refcusing
KK Teknik Pendingin & Tata Udara di refocusing
Surat Pengantar Refocussing Peralatan
Peralatan yang akan di-refocussing

2. BADAN LAYANAN USAHA DAERAH (BLUD)

BLUD merupakan sistem tata kelola yang berada di sekolah yang berperan sebagai pemberi layanan usaha agar SMK menjadi lebih fleksibel dan mandiri dalam membangun mitra bersama industri.

(DALAM TAHAP PERENCANAAN)

3. LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI P1 (LSP-P1)

LSP P1 merupakan lembaga pelaksana kegiatan sertifikasi profesi yang terlisensi dari BNSP dan didirikan oleh lembaga pendidikan dengan tujuan utama melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja terhadap peserta didik.

Saat ini LSP P1 di SMK Negeri 2 Dompu sedang diupayakan untuk dibentuk. Sementara jumlah guru yang tersertifikasi sebagai Asesor kompetensi sebanyak 2 Orang.

4. BURSA KERJA KHUSUS (BKK)

BKK merupakan lembaga yang dibentuk di SMK sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, Pendaftaran pencari kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, sebagai mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Saat ini BKK di SMK Negeri 2 Dompu telah terdaftar di Disnaker dengan surat tanda terdaftar dan telah memiliki ruangan serta sarana guna memaksimalkan pemberian pelayanan.

5. TEACHING FACTORY (TEFA)

T e F a adalah model pembelajaran berbasis produk (barang / jasa) melalui sinergisitas sekolah dengan industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang keahliannya. Adapun beberapa produk / jasa TeFa yang dihasilkan di SMK Negeri 2 Dompu di antaranya:

6. PROJECT BASE LEARNING (PJBL)

Pembelajaran berbasis Proyek merupakan kegiatan eksplorasi dan interpretasi hasil belajar peserta didik di sekolah yang dilakukan diluar jam sekolah bersama guru. Berikut beberapa kegiatan pembelajaran berbasis proyek yang dilakukan oleh peserta didik SMK Negeri 2 Dompu:

7. GURU TAMU

Guru Tamu adalah program pembelajaran dimana peserta didik akan diajar oleh instruktur yang berasal dari luar instansi sekolah misalnya dari DU/DI. Program Guru Tamu di SMK Negeri 2 Dompu sejauh ini telah dilaksanakan sebanyak 1 kali dikarenakan virus COVID-19 yang masih mewabah

8. GURU MAGANG

Program Guru Magang adalah kegiatan guru SMK  dimana guru belajar secara langsung proses kerja yang ada di perusahaan / industri tertentu. Kegiatan ini dapat berguna untuk meningkatkan kompetensi yang relevan dengan perkembangan Ilmu pengetahuan yang ada. Sehingga materi yang guru ajarkan juga semakin komprehensif. Adapun Kegiatan Guru Magang yang sempat dilaksanakan oleh guru di SMK Negeri 2 Dompu antara lain:

9. GERAI SMK / SMK EXPO / NTB MALL

Gerai SMK merupakan E-commerce yang dibuat khusus untuk memasarkan produk-produk hasil buatan siswa-siswi SMK yang dipasarkan secara Online. SMK Expo juga menjadi tempat untuk siswa memamerkan hasil karya belajarnya dalam bentuk produk yang memiliki nilai jual. Berikut produk-produk hasil buatan siswa-siswi SMK Negeri 2 Dompu yang dipamerkan pada kegiatan Gerai SMK antara lain:

10. EDU WISATA / KUNJUNGAN INDUSTRI / BUDAYA KERJA

Wisata Belajar adalah suatu program yang menggabungkan unsur kegiatan wisata dengan muatan pendidikan didalamnya. Berikut kegiatan kunjungan industri dan Wisata Belajar yang pernah dilakukan peserta didik SMK Negeri 2 Dompu:

11. SABTU BUDAYA

Sabtu Budaya merupakan program kegiatan yang dicetuskan oleh DIKBUD NTB yang dilaksanakan setiap hari sabtu untuk mengakomodir pelaksanaan kebudayaan di sekolah. Adapun kegiatan Sabtu Budaya yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Dompu antara lain: